Jurusan Teknik Informatika
Download
Follow Twitter
Jurusan Teknik Informatika - Berita

Berita

Pemecahan Rekor MURI Instalasi Linux Terbanyak
Rabu, 20 Februari 2013 By : Administrator

Rabu 20 Februari 2013 adalah hari yang sangat spesial bagi Universitas Negeri Gorontalo, dimana pada hari itu – dalam rangka peringatan tahun Emas 50 Tahun Universitas Negeri Gorontalo – mendapatkan kado spesial dari Fakultas Teknik berupa Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) berupa Pemecahan Rekor Instalasi Linux Masal sejumlah 661 peserta.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Serba Guna Universitas Negeri Gorontalo ini diikuti oleh Pelajar, Mahasiswa, Masyarakat pencinta LInux dan Dosen di lingkungan UNG. Antusiasme peserta nampak dari saat pendaftaran dan registrasi ulang di Gedung Serba Guna ini. Berhubung kapasitas gedung tidak mencukupi untuk menampung minat peserta yang ingin mensukseskan acara ini, maka tempat di setting dengan lesehan semuanya. Bahkan para dosen yang saat itu hadir, rela untuk duduk lesehan dengan peserta lainnya.

Acara yang dimulai Pukul 10.00 WITA ini diawali dengan Laporan Koordinator Kegiatan Instalasi Linux, Bapak Arip Mulyanto, S.Kom yang juga Ketua Jurusan Teknik Informatika. Dalam laporannya, Arip menyampaikan bahwa awalnya kegiatan ini sempat diragukan akan berlangsung dan sukses, karena panitia hanya mempunyai 20 hari untuk persiapan. Namun berkat usaha dan kerja keras dari seluruh Dosen dilingkungan Jurusan Teknik Informatika dan Mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Linux UNG, maka waktu yang sedikit tidaklah menjadi hambatan untuk memberikan kado spesial untuk Kampus tercinta. Dekan Fakultas Teknik Ir. Rawiyah Husnan, MT juga menambahkan bahwa kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan Fakultas Teknik dalam rangka menyemarakan 50 Tahun emas UNG. Dan ini bertujuan untuk memperkenalkan Sistem Operasi Open Source Linux kepada Civitas Akademika UNG dan masyarakat Gorontalo umumnya.

Tepat pukul 10.30 Rektor UNG DR. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd bersama Senior Manager MURI Bapak Paulus Panka, SH memulai prosesi Pemecahan Rekor MURI ini. Rektor memimpin kegiatan ini dengan diawali meminta peserta untuk mengangkat semua laptop, dan semua peserta yang berada di lantai 1 dan 2 Gedung Serba Guna memperlihatkan laptop yang akan siap untuk di instalasi Linux. Setelah itu Prosesi pemecahan rekor di Mulai. Selama kurang lebih 1 Jam prosesi pemecahan rekor ini berlangsung dan panitia mulai menghitung peserta yang sudah berhasil melaksanakan instalasi Linux di masing-masing laptop mereka. Sampai dengan waktu yang telah ditentukan maka tercatat oleh MURI sejumlah 661 instalasi yang berhasil di laksanakan pada hari ini.

Akhirnya Rekor MURI yang pernah diciptakan di Samarinda, Kalimantan Timur pada tahun 2012 sejumlah 468 peserta berhasil di pecahkan oleh Gorontalo dengan jumlah 661 peserta. Dan akhirnya Sertifikat Rekor MURI di serahkan langsung kepada Rektor UNG dengan di dampingi oleh Dekan Fakultas Teknik UNG.

Acara yang berlangsung meriah ini, juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan universitas dan pimpinan Fakultas di lingkungan Universitas Negeri Gorontalo. Ini semua adalah berkat kerja keras dari mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Studi Linux dan sleuruh Dosen Jurusan Teknik Informatika. Selamat untuk prestasi ini dan Selamat Ulang Tahun Universitas Negeri Gorontalo yang ke 50. Bravo. (ALahinta)

 

 


Terkait
Agenda
Pengumuman
Facebook


Facebook
Prodi Sistem Informasi